ELEMEN DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN KONSENTRASI KEAHLIAN BISNIS RITEL
MATA PELAJARAN KONSENTRASI KEAHLIAN BISNIS RITEL
ELEMEN DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN
|
Elemen |
Capaian Pembelajaran |
|
Ekonomi bisnis
dan administrasi umum |
Pada akhir Fase F peserta didik mampu mengidentifikasi masalah-masalah ekonomi, memahami model ekonomi, pelaku
ekonomi, perilaku konsumen dan produsen dalam kegiatan ekonomi, menerapkan ilmu ekonomi
dalam kegiatan usaha,
serta memahami administrasi dan fungsi-fungsi manajemen. |
|
Marketing |
Pada akhir Fase F peserta
didik mampu memahami konsep pemasaran mulai dari struktur
dan bentuk pasar, strategi bauran
pemasaran, pengembangan produk
dan siklus daur hidup produk.
Peserta didik juga dapat menerapkan strategi pemasaran, promosi, dan menggunakan material
promosi, baik secara
online maupun offline.
Peserta didik dapat membuat
brand yang dapat mewakili
identitas bisnis dan menetapkan harga jual produk. |
|
Customer service |
Pada akhir Fase F peserta
didik mampu menganalisis ruang lingkup customer service, standar pelayanan, service excellent, mempraktikkan prosedur komunikasi berbasis teknologi pada pelayanan pelanggan, memahami etika customer service, merancang program
loyalitas pelanggan, serta
melakukan handling
customer dan handling
complain. |
|
Komunikasi bisnis |
Pada akhir Fase F
peserta didik mampu menganalisis ruang lingkup komunikasi dalam aktivitas bisnis,
melakukan presentasi bisnis,
baik dalam bahasa
Indonesia maupun bahasa
Inggris dan/atau bahasa
asing lainnya, melakukan negosiasi bisnis, dan membuat
surat bisnis. |
|
Pengelolaan bisnis
ritel |
Pada akhir Fase F peserta didik
mampu memahami pengelolaan bisnis ritel mulai
dari menganalisis ruang
lingkup bisnis ritel,
jenis-jenis ritel (pasar tradisional, hypermarket,
supermarket, minimarket, marketplace),
menerapkan dasar proses
bisnis ritel (ordering, receiving, warehousing, displaying, dan
selling), memahami transaksi ritel hingga alat dan sistem transaksinya. Peserta didik
juga dapat mengidentifikasi karakteristik konsumen, melakukan bentuk-bentuk promosi yang digunakan dalam
bisnis ritel, melakukan promosi di marketplace, aktivasi
penjualan di media sosial/online retail. Peserta didik mampu menjalankan daily activity
retail, melakukan stock opname, menghitung persediaan barang,
menganalisis bisnis waralaba
(franchising), dan
memahami teknik memperoleh modal usaha. |
|
Strategi Marketing Visual Merchandising |
Pada akhir Fase F peserta didik mampu memahami ruang lingkup penataan produk, melakukan pelabelan/barcode product, menganalisis layout/planogram penataan produk, serta membuat
elemen desain dan visual display product. Peserta didik juga
dapat menganalisis berbagai jenis fixture
yang digunakan pada penataan produk,
melakukan proses pemajangan (facing up, filling in, quality control, sorter, dan
floor display), melakukan perawatan produk secara berkala, menganalisis stock floor, melakukan keamanan toko, dan mengevaluasi tampilan penataan produk. |
|
Pengemasan dan Pendistribusian Produk |
Pada akhir Fase F peserta didik mampu mengevaluasi berbagai kemasan produk,
teknik pengemasan produk
pelanggan, melakukan penyerahan barang belanjaan sesuai
dengan standar pelayanan, dan memilih saluran
distribusi yang tepat. Peserta didik juga dapat menggunakan dokumen
pada proses ordering,
receiving dan warehousing,
melakukan pengelompokan dokumen
pengiriman barang, mengidentifikasi prosedur penerimaan barang
dan pengiriman barang,
menghitung nilai persediaan barang dengan menggunakan metode FIFO, LIFO, Average, serta menganalisis macam-macam dokumen stock opname. |
|
Administrasi Transaksi |
Pada akhir Fase F peserta didik mampu mengidentifikasi ruang lingkup administrasi transaksi, mengoperasikan alat ukur, melakukan proses transaksi (tunai,
debit, dan kredit),
serta mengoperasikan alat pembayaran nontunai. Peserta didik juga dapat mengoperasikan alat bantu verifikasi, packing barang belanjaan pelanggan, input data sales, merekap laporan transaksi penjualan, dan mengisi
berkas administrasi jasa layanan bank. |
Comments
Post a Comment